Budi Karya Sumadi: Keberhasilan Indonesia Maju Ditentukan oleh Sumbangsih Perempuan Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, pada hari Sabtu (17/4/2021) PP Kagama menyelenggarakan webinar bertema Kagama Berbagi melalui aplikasi Zoom Meetings dengan judul “Membangun Sistem Pendukung Bagi Perempuan Berdaya Untuk Indonesia Maju”. Berkenan menyampaikan kata sambutan di awal acara adalah Ir. Budi Karya Sumadi, Waketum I PP Kagama & Menteri Perhubungan RI. Ia mengatakan walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak menghalangi sumbangsih “Kartini-kartini muda” untuk mengabdi dan berbakti kepada Indonesia. Peran dan sumbangsih perempuan Indonesia dalam mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sangat signifikan. Peran sentral perempuan menjadi salah satu kunci dari kemajuan Republik Indonesia.

“Berkenaan visi Indonesia pada 2045 yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendapatan perkapita yang tinggi, Indonesia perlu berkomitmen dan menunggu sumbangsih dari “Kartini-kartini muda” untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi. Juga peran perempuan sebagai seorang ibu dalam kehidupan rumah tangga. di mana dalam rumah tangga adalah sekolah pertama bagi seorang anak.” ujar Ir. Budi Karya Sumadi.

Ir. Budi mengajak “Kartini-kartini” Kagama melakukan improvement secara individual dan kelompok baik melalui UGM maupun Kagama. Merujuk data yang dikeluarkan Bank Indonesia lebih dari 60% UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan. Pengelolaan yang handal, mengagumkan dalam prestasi, tanpa ada atasan yang memerintahkan, dan menjadi penting mulai dari langkah-langkah kecil namun bersifat massif yang menentukan visi Indonesia maju 2045.

“Satu kutipan penting dari Kartini yang selalu saya kenang yaitu ‘terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagian sempurna datang kepadamu’. Ungkapan ini relevan dengan keadaan Indonesia sekarang. Kita harus sadari kesulitan ini justru membuat diri kita lebih hati-hati dan kita harus rebut momentum ini untuk membentuk suatu gerakan yang luar biasa dan “Kartini-kartini di masa sekarang pasti mampu melakukannya.” pungkas Ir. Budi mengakhiri kata sambutannya.[arma]

*) Materi selengkapnya bisa disaksikan di Youtube Kagama Channel:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*