Yoga untuk Menguatkan Punggung

Oleh: Patah Ansori

Sudah diakui, sebagai olah raga publik, yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan, yoga bisa membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, mencegah penyakit kronis, mengurangi risiko obesitas, serta menurunkan tingkat stres.  Yoga juga sering direkomendasikan untuk terapi sakit punggung. Gerakan atau pose yoga yang tepat mampu membuat punggung dan tubuh menjadi kuat namun rileks.

Latihan rutin Nusantara Beryoga Bersama Kagama (NBBK) pada hari Minggu pagi, 27 September 2020 yang dipimpin langsung oleh Ode Purnama, instruktur utama Kagama Yoga, menitikberatkan pada materi latihan asana untuk menguatkan punggung serta membantu mengatasi sakit pinggang.

Low back pain atau sakit pinggang adalah sakit pada punggung bagian bawah. Rasa sakit pada pinggang bisa dialami oleh penderita secara hilang-timbul maupun terus-menerus, bisa pada salah satu atau kedua sisi pinggangnya. Sakit pinggang paling sering disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat tubuh yang salah posisi, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit pada punggung bagian bawah ini bisa juga disebabkan oleh gangguan ginjal, infeksi organ dalam, atau masalah tulang belakang.

Sakit pinggang biasanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu, terutama bila disebabkan oleh cedera otot. Pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa berlangsung sampai lebih dari tiga bulan.

Nah, gerakan atau rangkaian gerakan yoga asana berikut ini sangat efektif mengatasi nyeri punggung: Gerakan yang terlihat seperti melipat tubuh ke depan, ke belakang, berfungsi meregangkan paha belakang dan otot-otot punggung, sambil memberikan pelepasan bagi bahu yang tegang.

Selanjutnya gerakan sun salutation, adalah kombinasi beberapa gerakan: cobra position, downward facing dog, eight limbs position dan lainnya, dapat membantu memperbaiki postur tubuh lebih baik. Bukan hanya itu, gerakan tersebut bisa memperkuat otot dan membantu menghilangkan rasa nyeri pada persendian, melancarkan peredaran darah dan banyak manfaat lain.

Itulah beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi gangguan punggung. Jika kita sudah melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut namun sakit punggung masih belum reda, segera hubungi dokter untuk diagnose lebih seksama.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*