Tips Menyeduh Teh yang Baik dan Benar

Oleh: Bambang Laresolo

Ternyata banyak yang suka teh tetapi banyak yang salah dalam menyeduh teh. Berikut saya sharing tip-tips untuk menyeduh teh yang baik dan benar. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan :
1. Kualitas teh
2. Kualitas air
3. Ratio teh dan air
4. Suhu air
5. Brewing time.

Untuk teh-teh tertentu penggunaan peralatan juga turut menentukan hasil seduhan. Apakah tekonya terbuat dari tanah liat atau keramik, tergantung jenis tehnya
Mari kita bahas satu persatu.

1. Kualitas teh
Teh yang bagus kalau seduhnya salah hasilnya bisa mengecewakan. Teh yang bagus ditengarai oleh grading teh yang baik. Banyak pucuk, daun muda dan daunnya masih utuh. Teh celup tidak disarankan.

2. Kualitas air
Karena air merupakan porsi besar untuk menyeduh teh, tentunya kualitas air sangat menentukan. Air yang bagus untuk menyeduh teh adalah air dari mata air pegunungan yang mengalir. Artinya air tersebut mengandung mineral, bukan Reverse Osmosis atau distilasi.

Beberapa mineral tertentu seperti Natrium dan sodium turut berperan dalam memberikan rasa.
Akan tetapi terlalu banyak mineral juga akan membuat seduhan teh menjadi kurang enak. Air yang bagus adalah air yang TDSnya kurang dari 150 mg/l. Gampangnya bisa menggunakan air minum dalam kemasan. Ada Merk Aqua, Prima, Alto. Hanya utk Aqua memiliki beberapa sumber mata air, tentu rasanya berbeda. Terburuk dari Cipondoh Subang, yang bagus dari Babakan pari (tertera di botol galon)
Air keran tidak disarankan

3. Ratio teh dan air.
Ini yang terpenting. Berapa banyak teh berapa banyak air. Ini nanti akan menentukan berapa lama seduh tehnya. Apakah cepat dalah hitungan detik atau itungan menit.
Secara umum takaran yang dipakai 1 sendok makan untuk 500 ml air. Atau 1 gr untuk 100 cc air

4. Suhu air
Suhu air tergantung jenis tehnya. Teh hitam 90-95 C, Oolong 80 -90 C, green tea dan white tea 80-85 c. Utk green tea tertentu hanya 50-60 C
Intinya makin gelap warna teh biasanya menggunakan suhu yang tinggi. Makin hijau makin rendah.
Bagaiman menentukan suhu air? Paling gampang dengan termomoter. Atau kalau air mendidih diaman kira-kira 10 menit air akan turun sekitar 90 C. Untuk dispenser suhunyua sekitar 80-85 C

5. Brewing Time
Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pecinta teh di Indonesia adalah dengan mendiamkan ampas tehnya. Yang benar teh harus disaring. Teh direndam 15 menit, 100% cafeine akan terektrak, sehingga teh akan menjadi makin pahit.
Untuk black tea brewing time 3-5 menit, Oolong 3-5 menit, White tea 3-menit, greentea 2-3 menit. Itu ratio teh 5 gram/500 cc. Kalau chinese stlyle biasanya 5 gram utk 100 cc air. Brewing time pertama cukup 25 -60 detik. Bisa diulang hingga 3-5 kali

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*