Selamat Jalan Prof. Soekanto

Awan hitam kembali bergayut di langit UGM. Setelah belum lama ini kehilangan Prof. Iwan Dwiprahasto, hari ini Jumat 10 April 2020 UGM kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, Prof. Dr. H. Soekanto H. Reksohadiprodjo, B.Sc., M.Com., M.A., Ph.D yang meninggal pada usia 79 tahun di RS Panti Rapih Yogyakarta akibat sakit.

Prof. Soekanto mempunyai rekam jejak karir yang cemerlang baik di UGM maupun di luar kampus. Menilik kariernya beliau adalah sosok yang luar biasa. Di tahun 1966 pada usia yang terbilang masih sangat muda yaitu 26 tahun beliau dilantik menjadi Dekan Fakultas Ekonomi UGM Cabang Magelang. Jabatan itu diembannya sampai tahun 1968. Kemudian beliau pernah terpilih menjadi Dekan FE UGM untuk dua periode jabatan, tahun 1982-1985 dan 1985-1988. Puncak karirnya adalah ketika beliau terpilih menjadi Rektor UGM periode 1994-1998.

Di luar jalur kampus pria kelahiran Semarang, 4 November 1940 itu juga mempunyai karir yang terbilang bagus. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Departemen Keuangan dari bulan agustus 1988 sampai desember 1991. Juga pernah menduduki jabatan sebagai Ketua BAPEPAM dari tanggal 21 Desember 1991 sampai 6 April 1993. Pada tahun 1998 beliau sempat menjadi anggota MPR mewakili fraksi utusan daerah.

Namun sebagai manusia biasa, semua akhirnya akan menghadap Sang Khalik. Akibat sakit yang dideritanya Prof. Sukanto berpulang ke rahmatullah. UGM pun berduka & pagi hari di rumah duka di Bulaksumur Blok E1 banyak pelayat yang hadir untuk melepas kepergian beliau yang terakhir kalinya. Dari rumah duka almarhum dibawa ke Balairung jam 13.00 untuk disemayamkan.

Di Balairung setelah disholatkan, Adit putra bungsu Prof. Soekanto memberikan pidato singkat. Kemudian disusul Dekan FE UGM Dr. Eko Suwardi, M.Sc. memberikan kata sambutan & terakhir ditutup oleh Rektor UGM Prof. Dr. Panut Mulyono yang agak panjang lebar menyampaikan perjalanan karir almarhum. Setelah itu dilanjutkan lantunan doa lalu kemudian almarhum diberangkatkan ke peristirahatan terakhirnya di makam dosen Sawitsari.

Selamat jalan Prof. Soekanto. UGM dan khususnya Fakultas Ekonomi tentu tidak akan melupakan jasa-jasamu. Terima kasih banyak atas pengabdiannya selama ini.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*