Rp. 156 Juta Dana Beasiswa untuk Mahasiswa Berhasil Dikumpulkan KLUB Lewat Kegiatan Berlari Sambil Berbagi

Kagama Lari untuk Berbagi (KLUB) adalah komunitas di bawah naungan PP KAGAMA yang bertujuan untuk mengakomodasi hobi berlari bagi para anggotanya. Hal yang menjadikan komunitas lari ini istimewa adalah visi dan misi yang menyertainya, yaitu selain menggapai hidup sehat, juga menebar manfaat, dengan tagline “berlari dan berbagi”. Sudah menjadi kegiatan rutin KLUB untuk menyelenggarakan Penggalangan dana untuk beasiswa bagi mahasiswa, bersamaan dengan dies natalis UGM. Tak terkecuali di penghujung tahun 2020, KLUB menyelenggarakan Virtual Charity Run yang digelar selama kurun waktu 15 – 31 Desember 2020. Ajang lari virtual ini menawarkan pilihan jarak yang harus ditempuh peserta yaitu 10, 21, 42 dan 71 kilometer, dalam akumulasi lari selama tanggal tersebut. Dalam event ini, peserta juga berkesempatan menyalurkan dana yang dialokasikan dari uang pendaftaran untuk disalurkan melalui kegiatan sosial Kagama Care.

Sebagai puncak acara KLUB Virtual Charity Run, pada hari Sabtu (9/1/2021) dilaksanakan talkshow Inspi/Lari sekaligus sebagai ajang penyerahan donasi dari KLUB untuk dana beasiswa Kagama. Penyerahan dilakukan oleh ketua KLUB, Dr. Nugroho Dewayanto, yang diterima langsung oleh Ketua PP KAGAMA, H. Ganjar Pranowo, SH, MIP., dengan disaksikan oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. dan Wakil Rektor bidang Alumni dan Kerjasama, Prof. Dr. Paripurna, SH, M.Hum., LL.M.

Dalam pidato pengantarnya, Nugroho menyampaikan bahwa acara KLUB VCR diikuti oleh 246 peserta, serta menempuh jarak total 9.760 km dengan waktu tempuh akumulasi 1.332 jam. Virtual run ini diikuti juga oleh Gubernur Jateng sekaligus Ketua Umum PP Kagama, Ganjar Pranowo beserta istri, dan Menteri Luar Negeri RI yang juga anggota Dewan Penasehat Kagama, Retno Marsudi beserta suaminya, Agus Marsudi. Dana beasiswa yang berhasil dikumpulkan dalam event ini sebesar Rp. 156.485.345,-

Dalam kata sambutannya, Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh KLUB dan selalu membawa spirit untuk berbagi. Ia juga mengharapkan kita untuk selalu berolahraga dan menjaga kesehatan sebagai salah satu Langkah kita untuk menghadapi situasi saat ini.

Dalam acara tersebut, rektor UGM, Prof. Panut Mulyono juga menyampaikan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai oleh KLUB, terutama dalam berlari, berbagi serta menginspirasi. Prof. Panut berharap agar beasiswa yang dikumpulkan dapat disalurkan kepada para mahasiswa yang memerlukannya. Secara khusus ia juga berharap agar KLUB bisa meneruskan penyelenggaraan event yang lebih besar dan melibatkan masyarakat umum, seperti penyelenggara Jogja City Marathon atau event sejenis.

Salah satu kejutan dalam acara ini adalah kehadiran Wakil Ketua 1 PP Kagama, sekaligus Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam wawancara singkat dengan pemandu acara, Meta Anastasia, ia bercerita bagaimana dulu ia malas berolahraga dengan alasan kesibukan. Maka ketika ia terpapar Covid-19, akhirnya ia tersadarkan untuk mulai aktif berolahraga, salah satunya dengan berjalan dan fitness. Dan salah satu yang menjadi inspirasi untuk tetap aktif berolahraga adalah Adita Irawati, staf khusus Kementerian Perhubungan, yang kebetulan juga menjadi narasumber dalam talk show.

Talkshow “Inspi/Lari Berlari, Berbagi dan Menginspirasi: Meraih Sehat, Menebar Manfaat” menghadirkan narasumber Adita Irawati, juru bicara dan staf khusus Kementerian Perhubungan, dan Siti Atikoh, yang tak lain adalah istri Ketua Umum PP Kagama. Talk show dipandu oleh Achmad Syarifuddin, yang lebih dikenal sebagai Bang Ary di komunitas penghobi olahraga.

Adita Irawati yang juga seorang ultra marathoner, berbagi tentang tips dan trik untuk memulai berolahraga lari, serta memaparkan kisah-kisahnya selama mengikuti berbagai event lari, khususnya lari jarak jauh yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi.

Sementara itu, Siti Atikoh bercerita tentang kisahnya dalam membagi waktu untuk berolahraga, khususnya lari dan bersepeda. Disampaikan juga trik-trik khusus bagaimana menjaga konsistensi dalam melakukan kegiatan olahraga.

Talk show selengkapnya dapat disimak di kanal Youtube Kagama Channel:

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*