Pengurus Keluarga Peternakan Gadjah Mada (KAPGAMA) Dilantik di Kandang Ayam

Ada yang unik & tidak lazim dari pelantikan Keluarga Peternakan Gadjah Mada (KAPGAMA) untuk periode 2020-2025 hari Selasa (18/02) sore di Fakultas Peternakan. Jika pada umumnya acara pelantikan resmi diadakan di sebuah gedung namun kali ini pelantikan sekaligus penyerahan patakanya dilakukan di kandang ayam tertutup (closed house) milik Fapet UGM. Sekedar info, kandang ayam dengan sistem tertutup tersebut merupakan hasil kerja sama Research Farm antara Fakultas Peternakan UGM dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum KAGAMA Ganjar Pranowo disaksikan oleh Sekjen KAGAMA AAGN Ari Dwipayana, serta beberapa sivitas akademika Fapet UGM. Achmad Dawami yang terpilih menjadi ketua KAPGAMA, menyatakan keresahannya selama ini pemerintah kurang memperhatikan sektor peternakan. Seharusnya, harus diprioritaskan mengingat permasalahan gizi & kecukupan protein di Indonesia yang terbilang rendah jika dibandingkan negara-negara lainnya di ASEAN. Padahal protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan anak, tertama buat menghindari stunting.

Achmad Dawami mengajak rekan-rekannya di KAPGAMA untuk bergerak aktif mengkampanyekan konsumsi protein hewan. Selain itu, ia juga meminta bantuan anggota KAGAMA khususnya alumnus Fapet untuk mendukung kampanye ini sehingga permasalahan gizi di Indonesia dapat dikurangi. Karena salah satu program Presiden Jokowi adalah peningkatan SDM sehingga agar program tersebut dapat terealisasikan tentu permasalahan gizi harus diatasi terlebih dahulu.

Ganjar Pranowo dalam kata sambutannya sangat mendukung gagasan tersebut. Sebagai Ketua KAGAMA, ia berjanji akan meneruskan saran dari Dawami tadi ke anggota-anggota KAGAMA lainnya termasuk yang berkarier sebagai pengambil kebijakan di tingkat nasional maupun daerah.

Khusus untuk KAPGAMA akan diberikan ruang khusus jika ingin serius dalam pembangunan gizi masyarakat. Sejalan dengan visi dan misi UGM, sebagai alumni alangkah baiknya jika kita bisa terus berkontribusi untuk kemakmuran bangsa ini, demikian ujar Ganjar di akhir sambutannya.

Sumber: Humas UGM

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*