Gubernur Bengkulu Meluncurkan Program Canthelan di Kalurahan Berkas Kota Bengkulu

Oleh: Indah Permatasari

Untuk membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19, Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA selaku Ketua Kagama Bengkulu bersama Keluarga Besar Alumni Gadjah Mada (Kagama) Bengkulu meluncurkan program ‘Canthelan’ di Kalurahan Berkas Kota Bengkulu. Canthelan sendiri merupakan sebuah program di mana semua masyarakat juga dapat ikut membantu masyarakat lainnya dengan menyumbangkan kebutuhan-kebutuhan pokok.

Uniknya kantong berisi kebutuhan pokok ini diletakkan dengan cara digantung (dicanthelkan) pada tempat yang sudah disediakan. Sehingga masyarakat dapat langsung mengambil kantong tersebut, ataupun juga ikut menyumbang.

“Kita mengadopsi kegiatan PP Kagama pusat yaitu program bernama Canthelan, itu ada kantong yang berisi kebutuhan harian, bisa sayuran bisa bahan pangan tertentu dengan nilai tertentu, ini dikantong lalu di gantung di tempat tertentu maka dinamakan Canthelan,” jelas H. Rohidin Mersyah saat meninjau peluncuran program Canthelan, Minggu (28/6).

Selain memberikan bantuan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan, tujuan lain dari Canthelan ini adalah memutar roda perekonomian lokal. Di mana bahan pokok yang disumbangkan diupayakan berasal dari masyarakat sekitar.

“Masyarakat silakan ambil tetapi cukup 1 keluarga 1 saja, agar juga merata bagi yang lain, jadi selalu saja berfikir Kagama memberi sesuai dengan kemampuan yang kita punyai, masyarakat juga peduli, jangan diambil lebih dari satu, fikirkan keluarga yang lain,” pinta H. Rohidin.

Ketua RT 01 Kelurahan Berkas Henri Prasetyo mengungkapkan program Canthelan ini menjadi motivasi serta pengingat kepada masyarakat khususnya warga RT 01 untuk dapat memberikan manfaat kepada sesama walaupun dari hal kecil.

Warga sangat antusias dengan program ini, selanjutnya akan diadakan di lokasi yang lain.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*